fbpx

Harris Turino : Keberagaman Merupakan Kekuatan Bangsa Indonesia

Slawiraya ( Slawi )

Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Ir. Harris Turino, M.Si., M.M dalam sosialisasi Empat pilar kebangsaan pada salah satu rumah makan di Kota Tegal Rabu ( 22/03/2023 ). Menyatakan keberagaman yang dimiliki Indonesia harus menjadi sebuah kekuatan.

Harris Turino, anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Jateng IX ( Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal ).

Baca juga :https://slawiraya.beritalidik.com/sumpah-dan-janji-jabatan-pelantikan-pejabat-tinggi-pratama-dilingkungan-pemerintah-kabupaten/

Dikatakan oleh Harris, Indonesia yang memiliki keragaman mulai suku, agama, ras dan golongan, sampai dengan sekarang ini kesemua keragaman tersebut terjalin erat oleh Pancasila.

“Semua keragaman diikat oleh sila-sila dalam Pancasila. Ketuhanan ada pada sila pertama, kemanusian pada sila kedua, persatuan pada sila ketiga, musyawarah ada pada sila keempat dan rasa keadilan untuk semua ada pada sila kelima “

Empat pilar

” Keragaman ini, merupakan modal kuat bagi Indonesia dalam berbangsa dan bernegara, sehingga patut dijaga,” ucapnya.

“Mulailah menanamkan rasa menghormati perbedaan agama, ras, golongan. Serta selalu menanamkan rasa kemanusiaan untuk sesama. Demikian harus mengedepankan hati nurani,” ucapnya.

Selanjutnya menyinggung masalah tantangan ke depan, Harris kemudian mengemukakan, kemunculan pelbagai pandangan dan kelompok untuk hendaknya diberi sebuah pemahaman, Bahwa segala sesuatu tidak bisa disamakan.

Baca juga :https://slawiraya.beritalidik.com/kraton-kasunanan-surakarta-hadiningrat-gelar-tradisi-sadranan-di-makam-sinuhun-amangkurat-agung-di-pesarean-adiwerna-tegal/

” Keberagamaan sudah menjadi sunatullah. Sudah ada aturan hubungan dengan Allah dan hubungan dengan antar manusia. Kesemua itu harus dipahami secara mendalam, bahwa manusia tidaklah sama.

Dalam sosialisasi empat pilar berbangsa yang dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, Dan Tokoh Agama dari Lintas agama, disampaikan juga bahwa Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harus dijaga dan dilestarikan. (***)

Tinggalkan Balasan