fbpx

Inilah 4 Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia

Slawiraya ( Pendidikan )

Sekolah kedinasan menjadi pilihan bagi para siswa maupun orang tua ketika memilih melanjutkan pendidikan. Ada beberapa alasan mengapa sekolah kedinasan menjadi favorit di kalangan masyarakat, salah satunya adalah peluang kerja yang pasti. Lulusan dari sekolah kedinasan memiliki peluang kerja yang lebih pasti karena rata-rata lulusan sekolah kedinasan langsung disalurkan kerja berdasarkan kebutuhan pemerintah.

Apa itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan adalah sekolah yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah atau institusi yang berhubungan dengan pemerintah. Tujuan dari sekolah kedinasan adalah untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi calon perwira atau personel yang akan berkiprah di bidang administrasi hingga keamanan negara.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/seluruh-asn-tni-dan-polri-wajib-lapor-harta-kekayaan/

Daftar Sekolah Kedinasan Favorit di Indonesia

Terdapat banyak sekolah kedinasan di Indonesia, berikut adalah beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang menjadi favorit:

  1. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

PKN STAN adalah salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada tahun 2021 dimana PKN STAN menarik minat dari 44.455 orang.

Peminat yang tinggi di PKN STAN tidak lepas dari keuntungan yang didapatkan ketika berhasil masuk menjadi salah satu siswanya. Beberapa keuntungan tersebut misalnya uang saku, gratis biaya pendidikan dan jaminan karir di lingkungan kementerian keuangan.

Namun, untuk memperoleh benefit tersebut, siswa harus berjuang keras dan harus mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar kelulusan akhir semester yang telah ditetapkan. Jika nilai siswa turun dan tidak memenuhi standar, siswa akan terkena drop out. Meskipun terdengar menakutkan, siswa dapat melewatinya dengan rajin belajar.

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN adalah sebuah institusi pendidikan yang didirikan oleh pemerintah Indonesia untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang pemerintahan dan administrasi negara. IPDN menawarkan program sarjana (S1) dan diploma (D3) di bidang pemerintahan, administrasi negara, dan pembangunan daerah.

Sekolah ini berfokus pada pengembangan kompetensi profesional dalam bidang pemerintahan dan administrasi negara melalui pendidikan yang berkualitas tinggi dan pelatihan yang intensif. IPDN juga bekerja sama dengan rumah pemerintah daerah dan instansi pemerintah lainnya untuk menyediakan peluang kerja dan magang bagi mahasiswa dan alumni. Selain itu IPDN juga memberikan pelatihan dan pendidikan bagi para aparat pemerintah yang ingin meningkatkan kompetensi dan skillnya.

  1. Akademi Militer (AKMIL)

Akademi Militer (AKMIL) adalah sebuah institusi pendidikan militer yang didirikan oleh pemerintah Indonesia. AKMIL didirikan untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan yang diperlukan oleh calon perwira militer Indonesia. Sekolah ini menawarkan program studi yang ditujukan untuk menyiapkan para calon perwira militer Indonesia dalam bidang kemiliteran, keamanan dan intelijen.

AKMIL juga menawarkan program pendidikan dan latihan yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi para perwira militer dalam bidang kemiliteran, strategi dan manajemen. Proses pendidikan di AKMIL dilaksanakan dengan metode pembelajaran yang intensif dan mencakup latihan fisik, latihan militer dan latihan intelektual.

  1. Akademi Kepolisian (AKPOL)

Akademi Kepolisian (AKPOL) adalah sebuah institusi pendidikan yang didirikan oleh pemerintah Indonesia untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang kepolisian. AKPOL menawarkan program rumah pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3) di bidang kepolisian dan keamanan.

Sekolah ini FOKUS pada pengembangan kompetensi profesional dalam bidang kepolisian dan keamanan melalui pendidikan yang berkualitas tinggi dan pelatihan yang intensif. AKPOL juga bekerja sama dengan Kepolisian RI dan instansi keamanan lainnya untuk menyediakan peluang kerja dan magang bagi mahasiswa dan alumni.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/ribuan-warga-pemalang-pecahkan-rekor-muri-makan-tempe-goreng/

Proses pendidikan di AKPOL mencakup pembelajaran teori dan praktik yang dilakukan dengan metode yang intensif dan mencakup latihan fisik, latihan kepolisian dan latihan intelektual. Siswa juga akan diajarkan tentang hukum, kriminalitas, negosiasi, keamanan publik, dan manajemen keamanan. Setelah lulus dari AKPOL, lulusan AKPOL akan menjadi perwira polisi yang siap ditempatkan di berbagai unit di seluruh Indonesia.

Itu adalah beberapa sekolah kedinasan di Indonesia, masih banyak sekolah kedinasan lainnya di Indonesia yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap untuk melayani negara. ***

Tinggalkan Balasan