fbpx
Trotoar Depan SMP Kedungbanteng

Kebijakan Pemerintah Transfer Langsung Dana BOS Ke Rekening Sekolah Guna Cegah Pungli

Slawiraya.com ( Opini )

Kebijakan pemerintah mentransfer dana bantuan operasional sekolah (BOS) langsung ke rekening sekolah diharapkan mampu memangkas jalur birokrasi dan mencegah pungli.

Dengan kebijakan ini, ini memungkinkan pihak sekolah lebih cepat menerima dan menggunakannya untuk operasional sekolah.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/program-wirausaha-pemuda-program-pemajuan-kewirausahaan/

Hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemegang diskresi BOS yang dinilai paling tahu kebutuhan sekolah, termasuk kondisi kelayakan guru honorernya.

Harapan ini, pernah disampaikan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Dadang Darusman saat melantik 107 kepala sekolah SD Negeri dan SMP Negeri di Pendopo Amangkurat, Jumat (02/12/2022).

Tetapi, harapan tetaplah hanya menjadi harapan, beberapa sekolah yang dikelola Pemerintah Daerah, baik sekolah dasar, maupun sekolah menengah pertama diduga melakukan pungutan liar dengan berbagai modusnya.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/lembaga-pengembangan-pesantren-pp-muhammadiyah-gelar-rakernas-di-jogjakarta/

Dugaan pungutan liar pada Sekolah Dasar Negeri, misalnya, terpublikasi melalui media online, berbuah  pemanggilan terhadap 9 Kepala SDN oleh  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal guna dimintai klarifikasinya.

Tak mau kalah dengan “ juniornya “, beberapa SMP Negeri di Kabupaten Tegal, juga diduga melakukan pungli. Lantas sampai kapan kondisi seperti ini akan tetap berlangsung ?? tak adakah pihak yang mampu menghentikan dugaan pungli di institusi pendidikan ?? ( *** ) 

Tinggalkan Balasan