fbpx
PDM Muhammadiyah

Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah Ikuti Perkaderan Baitul Arqom

Slawiraya ( Baturaden )

Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah sekitar 98 orang mengikuti Perkaderan Baitul Arqom yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) PDM Purbalingga selama dua hari (6-7 Mei 2023) di Hotel Moroseneng Baturraden Purwokerto, Ahad, (7/5/2023).

Ustadz Aman Nurkhayanto, S.Ag, M.Pd mengatakan bahwa perkaderan Baitul Arqom ini terselenggara dengan baik berkat kerjasama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Purbalingga yang didukung sepenuhnya oleh PDM dan AMM Purbalingga.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/stadion-adipati-onang-desa-yamansari-jadi-tempat-turnamen-kades-cup-yamansari-2023/

“Kepala Sekolah dan Madrasah merupakan tokoh sentral dan agen perubahan dalam lembaga pendidikan yang berperan utama dalam melakukan internalisasi nilai-nilai dan komitmen ber-Muhammadiyah kepada guru, karyawan dan siswa.

Oleh karena itu, kegiatan Baitul Arqom kali ini akan menjadi media awal dan starting point bagi Kepala Sekolah dan Madrasah dalam membina dan mencetak kader Muhammadiyah yang unggul, militan dan berkemajuan dalam sekolah Muhammadiyah.

Dengan demikian, proses kaderisasi Muhammadiyah yang ada di sekolah dan Madrasah akan semakin menguat dan mengakar melalui ortom yang ada, seperti IPM, Hizbul Wathon, Tapak Suci maupun kegiatan lainnya”, tegas Ketua MPK PDM Purbalingga.

Outbond Baitul Arqom
Outbond Baitul Arqom

Sementara itu, Machmud Yulianto, S.Pd.I selaku salah seorang peserta Baitul Arqom sangat merasa bergembira mengikuti perkaderan ini karena dapat kembali tumbuh dan terus bersemi jiwa dan semangat berjuang dan dakwah Islamiyah melalui persyarikatan Muhammadiyah.

“Semoga Perkaderan Baitul Arqom kali ini dapat menjadi pembagkit semangat juang dan penyulut bara perjuangan dalam rangka menguatkan kaderisasi yang ada di sekolah dan madrasah, sehingga dapat tumbuh dan tercipta kader unggul. Militant dan berkualitas yang berideologi Muhammadiyah”, harap Kepala MAM Darussalam Purbalingga.

Adapun materi yang telah dirancang dan disusun oleh MPK PDM Purbalingga di antaranya adalah Orientasi (Ust. Andi Rovik, S.Ag), Kontrak Belajar (Ust. Tutugo DS), Paham Agama dalam Muhammadiyah (KH. Fathul Munji, S.Ag), Sistem Perkaderan Muhammadiyah (Ust. Aman Nurkhayanto, S.Ag, M.Pd), Manajemen Sekolah sebagai Media Kaderisasi (Ust. dr. Hasan Bayuni), Ideologi Bermuammadiyah (Ust. H. Ali Sudarmo, S.Pd),

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/generasi-tangguh-jadi-momentum-sosialisasi-empat-pilar-kebangsaan-di-sma-negeri-2-kota-tegal/

Diskusi Peran AUM dalam Proses Kaderisasi (Ust. Tarqum Aziz, M.Pd, Ust.Mugianto, Ust.Nasir, ust. Wasis, MSI), Excelent Service Kepala Sekolah (KH.Drs.M.Djohar AS, M.Pd), Outbond Leadership (Ust.Joko Wardoyo), Profil Ideal Guru Muhammadiyah (Ust.Drs.Sukamto), Manhaj Tarjih Muhammadiyah (KH. Kahar Muzzaki, M.Ag), dan Refleksi (Kiai Andi Rovik, S.Ag dkk), imbuh Ust. Andi Rovik, S.Ag selaku Master of Training.

Kegiatan Perkaderan Baitul Arqom tersebut di buka oleh Ustadz Drs H Fauzan Anwar, M.Pd selaku Ketua yang membidangi Pendidikan dan ditutup oleh Ustadz Aman Nurkhayanto, S.Ag, M.Pd selaku Ketua MPK PDM Purbalingga (Tarqum Aziz).

Tinggalkan Balasan