fbpx
TMMD Desa Sokatengah

Program Tentara Nasional Indoensia Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap I tahun 2023

Slawiraya ( Slawi )

Program Tentara Nasional Indoensia manunggal membangun desa (TMMD) Sengkuyng Tahap I tahun 2023 di desa Sokatengah, kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal resmi dibuka secara simbolis dengan melaksanakan upacara di lapangan sepakbola Desa Soka Tengah Kecamatan Bumijawa Rabu (10/5/2023).

Adapun TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023 ini mengusung tema “Sinergi Lintas Sektor Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat”.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/catatan-harris-turino-dalam-kunjungan-kerja-di-house-of-representatif-australia/

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono mewakili Bupati Tegal Umi Azizah yang berhalangan hadir sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara yakni Danramil Bojong Kapten Arm Sinai Summono Adi.

Dalam amanatnya Bupati Tegal yang dibacakan oleh Sekda dijelaskan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan Program pembangunan fisik dan Non Fisik ditingkat desa sebagai cerminan kegotongroyongan antara TNI dengan pemerintah daerah , Polri, Pemerintaah Desa dan Masyarakat.

Tujuanya untuk bahu-memmbahu membangun desa memajukan desa menuju desa mandiri sekaligus bagian dari upya besar bangsa dalam menciptakan ketahanan nasional.

Inilah bagian dari cara merawat dan meningatkan kebersamaan untuk mengembangkan kekuatan mengatasi segala bentuk persoalan yang ada didesa demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Mewakili segenap unsur dan elemen masyarakat khususnya Bumijawa saya memberikan apresiasi dan menucapkan rasa terima kasih kepada jajaran Kodim 0712/Tegal yang akan bekerja melaksanakan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2023, didesa Sokatengah Kecamatan Bumijawa Ungkap Sekda.

Pelaksanaan TMMD kali ini dikatakan Widodo Joko Mulyono berupa Pengaspalan jalan desa sepanjang 1.235 meter dengan lebar 3 meter yang sumber dananya melalui pendanaan APBD Kabupaten Tegal seniali 160 juta.

Joko berharap ada partisipasi dari masyarakat apakah itu dalam bentuk materiaal, natura hingga sumbangsih tenaga sehingga volume fisik jalanya bisa ditambah.

Adanya pembangunan infrastruktur ini juga diharapakan mampu memperlancar aksesibilitas warga dalam beraktifitas termasuk mengangkut hasil bumi jadi lebih mudah dan lebih cepat.

Kepada Kepala Desa Soka Tengah, Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menghimbau mengajak wrganya untuk berpartisipasi ikut menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunnan dari pelaksanaan progrm TMMD ini.

Karena Bagaimanapun sarana infrastruktur yang berhasil dibangun tersebut adalah buah dari kerja sama sinergis dari desa yang didukung kekuatan TNI- Polri dan Juga Pemerintah Kabupaten Tegal serta Provinsi Jawa Tengah.

Tidak hanya itu pelaksanaan kegiatan pada program TMMD ini juga mmenyasar aspek non fisik berupa penyuluhn tentang bela negara, kamtibmas, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Pembekalan wawasan ini saya rasa sangat penting bagi masyarakat dan lingkungan sosial dalam meningkatkan kualitas hidup agar lebih sejahtera disamping mencegah berkembangnya paham atau ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 termasuk mencega bahaya laten peredaran narkoba hingga perjudian yang nyata-nyata telah merusak moral dan mentalitas bangsa Indonesia. Papar Joko.

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/pemilihan-kepala-desa-antar-waktu-desa-bangungalih-masuki-tahapan-pengundian-nomer-urut/

Kembali Joko mengingatkan Kepala desa agar menjadikan TMMD ini sebagai program monumental untuk membangkitkan semangat kegotongroyongan, menjaga kebersamaan persatuan dan kesatuan diantara warga untuk menumbuhkan kemandirian masyarakat desa dalam membangun wialayahnya.

Demikian kiranya yang perlu say saya sampaikan mari kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian kepad ibu pertiwi, bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui TMMD sebagai wujud dedikasi terbaik TNI manunggal bersama rakyat dalam membangun negeri. Pungkas Widodo Joko Mulyono ( *** ) 

Tinggalkan Balasan