fbpx
Stupa Candi Borobudur

Rekomendasi 7 Paket Desa Wisata Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Slawiraya ( Opini )

PESONA desa wisata di Jawa Tengah sudah tidak bisa diragukan lagi. Perpaduan antara keindahan alam dan nilai-nilai kearifan lokal yang masih sangat kental menjadi ciri khas wisata salah satu provinsi di Indonesia ini. Bagi siapa pun wajib mengunjungi berbagai paket wisata di Jawa Tengah yang pastinya seru dan menyenangkan. 

Statistik Objek Wisata dan Wisatawan Jawa Tengah 

Melansir data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Jawa Tengah punya daya tarik wisata sebanyak 1.024. Dengan rincian, 341 wisata alam, 158 wisata budaya, 295 wisata buatan, dan 66 wisata peminatan. Jumlah tersebut, paling banyak disumbangkan dari potensi desa-desa yang tersebar di Jawa Tengah. 

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/silaturahmi-nasional-kepala-desa-indonesia-bersatu-merekomendasikan-sikap-kepala-desa-terkait-revisi-uu-tentang-desa/

Adapun menurut laporan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, sepanjang tahun 2021 jumlah total wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah mencapai lebih dari 21.334.202 orang. Pada wisatawan domestik sebanyak 21.332.409 orang, sedangkan wisatawan mancanegara sejumlah 1.793. 

Daftar Paket Desa Wisata di Jawa Tengah 

Bagi Anda yang ingin menikmati masa liburan dengan suasana asri pedesaan khas Jawa Tengah, wajib hukumnya untuk mengunjungi sejumlah paket wisata yang telah disediakan oleh pengelola. Dihimpun dari Visit Jawa Tengah, berikut tujuh (7) rekomendasi paket desa wisata di Jawa Tengah yang seru dan menyenangkan. 

1. Desa Wisata Bugisan (Kabupaten Klaten)

Lokasi Desa Bugisan berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Desa ini mulai menjadi Desa Wisata sejak tahun 2016 silam. Momen tersebut bertepatan dengan diadakannya Festival Candi Kembar dan menjadi event tahunan hingga saat sekarang. 

2. Desa Wisata Cikakak (Kabupaten Banyumas)

Cikakak merupakan salah satu desa di Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Ada beberapa sungai yang mengalir di sana, antara lain Sungai Cikadu, Cikalong, Cilumpang, dll. Di Desa Cikakak juga ada beberapa tempat bersejarah. 

3. Desa Wisata Dieng Kulon (Kabupaten Banjarnegara) 

Desa Wisata Dieng Kulon adalah salah satu dari desa yang terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kesejukan udara, lingkungan rumah atau perumahan yang masih alami, dan berbagai wisata alam dan budaya menjadi daya tarik wisata daerah dataran tinggi Dieng. 

4. Desa Wisata Karanganyar (Kabupaten Magelang) 

Letak Desa Wisata Karanganyar hanya berjarak tiga kilometer barat daya dari Candi Borobudur. Dikelilingi panorama alam yang menawan di sisi utara lembah bukit menoreh. Di pagi hari wisatawan bisa menyaksikan sunrise dari gardu pandang Balkondes. 

5. Desa Wisata Krikilan Sangiran (Kabupaten Sragen)

Desa Krikilan masuk dalam Daerah Cagar Budaya Sangiran dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia pada 1996. Di sana, terdapat Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Krikilan yang merupakan visitor center diantara museum yang lain. 

Baca Juga : https://slawiraya.beritalidik.com/data-terpadu-kesejahteraan-sosial-harus-terus-diperbarui/

6. Desa Wisata Pandanrejo (Kabupaten Purworejo)

Dahulu di Desa Wisata Pandanrejo terdapat suatu wilayah pedesaan di perbukitan menoreh bagian paling timur Kabupaten Purworejo. Salah satu objek wisata di sana, yakni Kampung Cantik merupakan salah satu pusat akomodasi wisata Dewa Pandan. 

7. Desa Wisata Sembungan (Kabupaten Wonosobo) 

Desa wisata sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa, terletak pada ketinggian sekitar 2.300 MDPL. Para wisatawan akan dimanjakan dengan eksotisme alam dan budaya. Mulai dari telaga cebong hingga air terjun Sikarim. ( *** )

Tinggalkan Balasan