fbpx
Bazda Brebes

Urip Sihabudin Imbau Masyarakat Bayar Zakat Lewat Baznas

Slawiraya ( Brebes )

Urip Sihabudin SH MH Penjabat (Pj) Bupati Brebes menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Brebes agar membayar pajak lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes. Pasalnya, selama ini yang aktif membayar zakat ke Baznas mayoritas dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Himbauan tersebut disampaikan Urip saat Safari Ramadhan putaran Ketiga di Masjid Fadhlullah Dukuh Barupiring, Desa Linggapura, Kec Tonjong Brebes, Selasa (28/3) malam.

Baca juga : https://slawiraya.beritalidik.com/partai-prima-kabupaten-tegal-lakukan-konsolidasi-internal/

“Mayoritas zakat, infak maupun sodaqoh yang masuk ke Baznas Brebes dari kalangan ASN, untuk itu saya menghimbau tidak hanya dari ASN saja yang menyalurkan zakat ke Baznas Brebes, masyarakat umum juga hendaknya berzakat lewat Baznas,” ajak Urip.

Lebih dari 10 tahun, lanjut Urip, ASN sudah berzakat sebesar 2,5 persen dari penghasilannya disalurkan ke Baznas Kab Brebes. Bila dari masyarakat umum, pengusaha, dan pelaku ekonomi lainnya berzakat ke Baznas maka nilai manfaat yang bisa dirasakan kaum dhuafa dan delapan asnaf lainnya bisa makin besar.

Urip juga menjelaskan tentang perjalanan pembangunan di Kabupaten Brebes. Terhadap layanan masyarakat, Urip berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan anggaran yang telah disetujui DPRD.

Dalam proses pembangunan, Urip membuka aspirasi dari masyarakat secara terbuka lewat program Sambat Maring Bupati (Sambu) ataupun lewat Handphone Pribadinya. Urip menceritakan kalau selama menjabat sejak 13 Desember 2022, pihaknya menerima keluhan sebanyak 113 aduan dan kebetulan dari masyarakat Kec Tonjong paling sedikit.

“Keluhan yang disampaikan antara jalan rusak atau infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan masalah lain,” ungkapnya.

Dari berbagai laporan tersebut, Urip merespon tidak sampai 24 jam karena semata mata untuk melayani masyarakat. Namun demikian, sebaiknya keluhan cukup disampaikan ke kepala desa atau lurah dan camat sehingga tidak repot Brebes.

Baca Juga :https://slawiraya.beritalidik.com/santri-asal-kalimantan-tengah-menjadi-imam-shalat-tarawih-perdana-di-masjid-baiturrahman-desa-langkap-bumiayu/

Camat Tonjong Lukman Hakim melaporkan kalau wilayahnya kondusif karena terjalin kemitraan dengan unsur TNI, Polri, dan elemen masyarakat lainnya dengan baik. Di wilayah Tonjong ada 14 Desa yang masyarakatnya hidup damai dan sejahtera.

Safari Ramadhan diisi dengan Sholat Maghrib, Isya, dan Tarawih berjamaah. Juga pembagian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa, serta diakhiri dengan tausiyah dan doa oleh ulama setempat ( *** ) 

Tinggalkan Balasan